Senin, 21 Desember 2015

Jenis jenis ducting

Ducting adalah sistim saluran udara, Pengunaan ducting bermacam macam, untuk mengantarkan udara dingin (AC), udara fresh air, atau exhaust (Fan).

Jenis AC yang menggunakan ducting disebut Splitduct, Ceiling Concealed, FCU/AHU, atau untuk penggunaan non AC, seperti Axial Fan, Centrifugal fan, Drum fan, Siroco Fan, Cabinet Fan, dll. 

Bahan ducting ada bermacam-macam. Jenis jenis saluran udara/ducting antara lain adalah:

Polyurethane duct : terbuat dari bahan polyurethane, seperti stearofoam yang sangat ringan namun memiliki density yang sangat baik. Mampu bertahan pada suhu -60ºc  s/d  +80º c dengan tekanan maksimal 2000Pa.

BJLS Rectangular duct : terbuat dari bahan BJLS (seng) dengan ketebalan BJLS yang disesuaikan dengan kebutuhan (lebar ducting).  Untuk ducting jenis ini terkadang dibalut oleh Insulation dari bahan glass wool khusus penggunaan untuk AC.








BJLS Round duct :

Terbuat dari bahan BJLS, Ducting jenis ini memiliki  daya rugi gesekan (angin) yang sangat rendah, dikarenakan bentuknya bulat (round).

Akan tetapi ducting jenis ini sangat jarang sekali digunakan.







Textile duct biasa juga disebut Fabric Duct atau ducting kain, banyak di aplikasikan pada ruangan yang tidak menggunakan plavon/langit2,. Penggunaan nya banyak kita jumpai pada stadion, supermarket, theater, hall/gedung olahraga, pabrik makanan, industri textile, yang ber arsitektur langit-langit terbuka.



sumber : http://gocontractor.blogspot.co.id/2014/03/keunggulan-textile-ducting.html

Link ke Kontraktor AC (Go Contractor)